KOLAM TERPAL PANDUAN PEMBUATANNYA

KOLAM TERPAL PANDUAN PEMBUATANNYA
Cara ini saya adaptasi dari pelatihan yang diselenggarakan oleh ALSI (Asosiasi Lele Sangkuriang Indonesia). Adapun kolam yang akan dibuat adalah Ukuran 2x5x1,5 meter.


Kolam ukuran 2 x 5 x 1,5 meter

Persiapan
Sebelum mulai pembuatan kolam, ada baiknya kita siapkan terlebih dahulu alat dan bahan yang kita akan perlukan agar tidak menghambat dalam proses pembuatan. Jika kita bisa membuatnya sendiri kita hanya perlu bantuan 1 atau 2 orang pekerja. berikut alat dan bahan yang harus dipersiapkan.

Untuk rangka, kita bisa menggunakan bambu, ataupun kayu. Namun saya sarankan agar menggunakan bambu karena lebih tahan air. Lebih direkomendasikan (kalau ada) menggunakan bambu jenis Haur (dalam bahasa sunda, silahkan kalau ada yang tau dalam bahasa indonesianya) karena biasanya tidak lapuk melainkan tumbuh sehingga lebih tahan lama.

Bambu anyam, bambu ini untuk membuat anyaman yang akan ditempatkan untuk dinding kolam agar kolam lebih rapat (anda juga bisa menggunakan cara alternative yang lain).
Terpal, hehe tentu saja kita harus menyediakan terpal, namanya juga mau membuat kolam terpal, siapkan ukuran terpal dengan luas 5 x 8 meter (usahakan yang tebal, kalau ada yang berwarna orange).

Peralatan kerja, disini meliputi, sekop, gergaji, kapak, golok, dan bahan-bahan pelengkap seperti tali tambang ukuran kecil, paku, jangan lupa siapkan makanan yang sehat supaya kerjanya semangat hehe.

Tahap persiapan selesai selanjutnya menuju tahap pembuatan.

Pembuatan Kolam

Berikut langkah-langkah pembuatannya.

Potong bambu untuk rangka, siapkan sebanyak 2 buah ukuran 5,5 meter (untuk penahan bagian atas yang panjang), 2 buah ukuran 2,4 meter (untuk penahan bagian atas yang pendek), 6 buah ukuran 2 meter (untuk tiang).
Buat anyaman bambu dengan tinggi 1,5 meter dan lebar 5 meter sebanyak 2 buah, dan ukuran 1,5 meter dan lebar 2 meter sebanyak 2 buah. 
CATATAN: langkah ini variatif, artinya bisa dibuat dengan anyaman ataupun dipaku ke tiang itu terserah kepada anda. berikut perbedaannya:

Gali tanah dengan ukuran 2 x 5 meter minimal sedalam 60 cm, ini agar kolam lebih kuat menahan beban air.
Pasang bambu sehingga membentuk rangka kolam
Siapkan terpal, meliputi langkah berikut. 
- Cuci terpal sampai bersih untuk menghindari racun yang masih ada pada terpal 
- Berikan lubang tambahan pada bagian pinggir kolam untuk mengikat terpal.
Pasang Terpal pada rangka kolam, ikat dengan tali tambang supaya kuat.
Langkah terakhir berikan selang pembuangan air jika diperlukan, selang ini diperlukan untuk mengatur volume air.

Selesai. Berikut kolam ukuran 2 x 5 x 1,5 meter. Dan sudah di isi dengan air